U2FsdGVkX1+wsWa6sZdTMjG7VsSHrE7aj4cMxCM//s/8tTMXBTEvkQNXpqcgXxM1Cp/OdbQi7uvZGm1hKiLB1Q==
HDMI adalah singkatan dari High Definition Multimedia Interface. Kabel HDMI bermakna satu kabel yang berperan jadi penghubung antar piranti elektronik yang bisa mentransfer signal video serta audio kualitas tinggi (HD) sekaligus juga.

Sejauh ini untuk menyambungkan antar piranti video / audio, biasanya kita memakai kabel RCA (Radio Corporation of America), S-video (Separate-video / Super-video) atau kabel DVI (Digital Visual Interface).

Tetapi saat ini kita punyai urusan dengan perangkat-perangkat HD (seperti HDTV, Blue Ray player, HD DVD player, dan lain-lain) yang mempunyai signal video serta audio kualitas tinggi (HD) yang kurang dapat di-handle dengan prima oleh kabel-kabel itu. Lantas nampaklah kabel HDMI yang dibuat agar bisa mentransfer signal audio / video yang bermutu tinggi itu.



Instansi HDMI ini dibangun oleh sekumpulan produsen elektronik terpenting yakni: Hitachi, Panasonic, Philips, Sony, Thomson (RCA), Silicon Image serta Toshiba. didukung oleh perushaan film terpenting seperti FOX serta Universal.
Versi-versi kabel HDMI.

Semenjak dikeluarkan pertama-tama tahun 2003, HDMI sudah keluarkan banyak versus dari mulai versus 1.0 sampai versus 1.4, serta paling akhir versus 2.0 yang dikeluarkan September 2013 tempo hari. Jadi customer, kita tak perlu bingung dengan beberapa versus ini. Tidak tiap versus alami menambahkan feature yang relevan yang penting didapati oleh customer.


Type kabel HDMI berdasar ukuran


1.Konektor HDMI Type A


Koneksi type ini adalah tipe yang paling umum dipakai pada piranti elektronik. Biasanya pada laptop seringkali diketemukan socket untuk memasukkan tipe kabel HDMI.

Selain pada laptop, piranti Blue Ray memakai tipe kabel ini. Ukuran Konektor DMI type A mempunyai dimensi 13,99 mm x 4,45 mm. Koneksi ini kadang disebutkan HDMI full size connector sebab memakai 19 pin di dalamnya.


2. Konektor HDMI Type B


Type setelah itu type HDMI B. Type ini mempunyai ukuran yang semakin besar dibanding type A. Hal tersebut berimbas di bagian pin yang dipakai. Pada type B ini, ada 29 pin di bagian konektornya. Automatis, piranti yang dapat dipakai pada type kabel ini tidak sama dengan type A awalnya. Kabel type B seringkali dipakai pada tv, terutamanya UHDTV.


3. Konektor HDMI type C


Dengan ukuran, type ini mempunyai ketidaksamaan dengan type A atau type B. Ukuran yang dipakai pada kabel HDMI type C ialah 4,45 mm x 13,9 mm. Dengan ukuran semacam itu, kabel ini dikatakan sebagai HDMI mini connector. Namun, bila disaksikan dari bagian konektor, type C mempunyai persamaan dengan type A, yaitu banyaknya 19 pin. Type C ini makin banyak dipakai pada piranti elektronik mini sampai sedang seperti camcorder, tablet, hp, serta piranti yang lain.


4. Konektor HDMI type D


Untuk type D ini mempunyai ukuran yang tambah lebih kecil dibanding type konektor awalnya. Ukuran yang dipakai pada kabel HDMI type D ini ialah 2,8 mm x 6,4 mm. Dengan ukuran semacam itu, kabel type ini dikatakan sebagai HDMI micro connector.

Walau mempunyai ukuran yang kecil, jumlahnya konektornya mempunyai persamaan dengan type C atau type A, yaitu memakai jumlahnya 19 pin. Contoh piranti yang memakai kabel type D ini diantaranya camera digital. Smartphone, MP3, MP5, serta piranti elekronik yang lain.

5. Konektor HDMI type E


Konektor paling akhir ialah type E. Pemakaian type ini sedikit tidak sama dengan beberapa type kabel HDMI yang lain. Kabel HDMI type E ini lebih ditujukan pada kendaraan bermotor atau kendaraan beroda empat. Biasanya kabel HDMI type E ini memakai pengikat supaya kabel ini susah lepas karena guncangan atau getaran. Contoh piranti yang memakai kabel ini ialah aplikasi android untuk motor injeksi.

Sesudah lihat tipe kabel HDMI berdasar ukuran, sekarang kita bahas tipe kabel HDMI berdasar tahun keluarnya. Untuk tahu, berikut penjelasannya.

Tipe HDMI Berdasarkan Tahun Keluarnya 


HDMI 1.1

Tipe HDMI pertama ialah tipe HDMI 1.1. Kabel HDMI ini pertama-tama dikeluarkan seputar bulan mei 2004. Kabel HDMI ini cuma memberi dukungan untuk piranti audio saja seperti DVD atau VCD.

HDMI 1.2

Tipe setelah itu type HDMI 1.2. kabel HDMI ini dikeluarkan seputar bulan agustus pada tahun 2005. Dibanding dengan versus awalnya, pada HDMI 1.2 ini, jumlahnya piranti yang bisa dipakai makin banyak. Misalnya saja 8 kanal satu bit audio pada CD super Audio, serta PC.

HDMI 1.2a

Versus pembaruan dari HDMI 1.2. pada versus upgrade ini, perubahannnya dibagian feature CEC atau Consumer Electronic Control yang bisa dipakai dengan penuh. Selebihnya, tidak ada penambahan .

HDMI 1.3

Versus yang paling akhir serta masih seringkali dipakai sampai saat ini ialah kabel HDMI 1.3. pada versus ini, banyak faktor yang alami penambahan dibanding versus awalnya. Misalnya saja di bagian lebar pitanya makin bertambah sampai 340MHZ. Memberi dukungan warna xvYCC, memberi dukungan warna 30bit, 36bit, dan 48bit, serta memberi dukungan audio stream seperti Dolby TrueHD serta DTSHD master audio stream.

Itu beberapa jenis kabel HDMI pada piranti elektronik. Dapat disebutkan kabel HDMI ini alami banyak macamnya bergantung piranti yang dipakai. Beberapa orang yang masih kesusahan lihat ketidaksamaan HDMI serta VGA. Walau kelihatan hampir serupa, namun, ke-2 kabel itu memilki peredaan.

Namun, bersamaan dengan perubahan jaringan computer, kabel-kabel HDMI dikit demi sedikit mulai tergantikan dengan jaringan Wireless. Tidak hanya hemat ongkos, jaringan wireless juga tambah lebih efektif dibanding dengan kabel HDMI.

walau demikian, masih ada banyak hal yang masih butuh memakai kabel HDMI. Terutamanya dalam konsistensi kecepatannya. Semoaga artikel ini bisa jadi salah satunya rujukan paling baik buat anda.
Loading...